Tips Sehat Memakai Lensa Kontak / SoftLens

Posted by Kizaki Aori On Friday, June 3, 2011 0 comments

Cara Sehat Memakai Lensa Kontak
Lulus menjadi seorang medis setelah berkutat dengan teksbook apalagi ketika memasuki klinik tak bisa di pungkiri lagi kata mata yang awalnya minus satu harus nambah menjadi minus 4 yang tentu saja kalau diverifikasikan maka menjadi kaca mata yang tebal. Belum lagi keseharian menjadi seorang onliner maka tidak bisa ditawar lagi ketebatalan meningkat yang tentu saja menjadi tidak nyaman. Akhirnya aku memutuskan untuk mengganti kacamata dengan lensa kontak. Lensa Kontak atau yang dikenal dengan sebutan softlens memang dapat menunjang penampilan, tetapi bila tidak dirawat secara teratur softlens pun ternyata dapat mengganggu kesehatan mata

Rame-rame kita pun mencoba untuk membeli lensa kontak dengan pilihan warna masing-masing. Pilihanku jatuh pada warna bening, karena yang bening tidak terlalu mencolok apabila dipakai. Belum sampai 1 tahun Softlens yang saya beli namun saya sudah merasakana gatal pada mata kanan saya dan kian hati kian gatal terasa sangat gatal. Tanpa terasa aku mulai mengucek ucek mata namun, bukannya gatalnya hilang, malah makin terasa semakin gatal. Sampai mata saya berwarna merah. Saya teteskan obat penawar sakit mata dengan tetes mata Insto Moist. Obat tetes mata (guttae ophthalmicae) adalah suatu sediaan steril berupa larutan atau suspensi yang digunakan untuk terapi atau pengobatan mata dengan cara meneteskan obat pada selaput lendir mata di sekitar kelopak dan bola mata. Dengan maksud untuk memudahkan penggunaan, hanya dengan meneteskan saja serta untuk efek lokal, misalnya peradangan pada konjungtiva mata. Obat tetes mata yang ideal harus memperhatikan beberapa hal yaitu bersifat steril, terutama yang ditujukan untuk mata yang sakit, luka, atau setelah operasi, tetes mata yang berupa larutan haruslah jernih, dan tetes mata yang berupa suspensi, bahan yang tidak larut haruslah sangat halus, hal ini dimaksudkan untuk mengurangi rangsangan terhadap mata sehingga air mata tidak banyak keluar.

Obat tetes mata hendaknya mengandung obat dengan efek terapi: antiperadangan, antimikroba, miotik (menyempitkan pupil mata), midriatika (melebarkan pupil mata), dan anestesi (bius) lokal, serta dapat digunakan untuk diagnosis. Insto Moist adalah Obat tetes mata yang memberikan kesejukan pada mata anda dan membantu mengurangi mata kering, mata merah dan lelah.

Ternyata iritasi karena lensa kontak sangatlah menganggu, iritasi karena tidak menjaga kebersihan soft lens tersebut. Setelah memakai soft lens saya gak pernah mencuci soft lensnya sehingga debu-debu menempel di lensa kontak tersebut sehingga menyebabkan iritasi dan kalau mencopot lensa kontak, saya gak pernah mencuci tangan dulu. Alhamdulillah masalah mata saya belumlah terlalu mengkhawatirkan kalau tidak bisa terjadi kerusakan kornea mata. Masalah yang paling sering ditimbulkan jika menggunakan softlens adalah iritasi atau infeksi pada mata. Masalah yang timbul tersebut biasanya disebabkan oleh pemeliharaan lensa kontak yang kurang bersih atau kurang dalam penggunaan cairan softlens sehingga lensa kontak menjadi kering dan bisa menempel pada mata.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah pada lensa kontak antara lain : Ikuti instruksi dalam membersihkan lensa kontak dengan teliti untuk mencegah terjadinya infekasi pada mata. Cuci tangan hingga bersih dan kering sebelum memegang softlens dan tetap menjaga kebersihan tempat softlens, jangan pernah menggunakan air mentah biasa untuk menyimpan softlens. Jangan digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang dibutuhkan, untuk mengurangi risiko infeksi. Serta jangan lupa untuk melepaskannya saat tidur, karena jika tidak softlens akan kering serta menempel pada mata dan ini berbahaya. Selalu membawa tempat lensa kontak yang berisi cairan khusus dan botol tetes cairan lensa kontak untuk melembabkan mata jika ada keadaan darurat. Mengganti lensa kontak sesuai dengan jangka waktunya. Gunakan lensa kontak sebelum mengaplikasikan make up pada mata untuk mencegah make up masuk ke lensa. Ganti make up setiap 3 sampai 6 bulan untuk mengurangi risiko infeksi.

Jika saat menggunakan lensa kontak merasa tidak nyaman, timbul kemerahan atau penglihatan menjadi berbayang, maka segera lepas lensa kontak tersebut. Dan jika gejala ini masih terus berlangsung beberapa jam setelah lensa kontak dilepas, Obat tetes mata Insto Moist yang memberikan kesejukan pada mata anda dan membantu mengurangi mata kering, mata merah dan lelah.

Semoga artikel Tips Sehat Memakai Lensa Kontak / SoftLens bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Post a Comment